Hadits

Pengertian Beberapa Istilah dalam Ulumul Hadist

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 05 August 2009 15:39 Written by Administrator Tuesday, 07 July 2009 14:11

Secara garis besar ilmu-ilmu hadits dapat dibagi menjadi dua, yaitu ilmu hadits riwayat (riwayah) dan ilmu hadits diroyat (diroyah).  

Ilmu hadis riwayah ialah ilmu yang membahas perkembangan hadis kepada Sahiburillah, Nabi Muhammad SAW. dari segi kelakuan para perawinya, mengenai kekuatan hapalan dan keadilan mereka dan dari segi keadaan sanad.

Selanjutnya...>>>

 

Ibnu Shalâh: Sang Guru Ilmu Hadits

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 05 August 2009 15:43 Written by Administrator Tuesday, 07 July 2009 12:55

Mengkaji disiplin ilmu hadits adalah pekerjaan yang tak mudah. Sebab, disiplin ini berbeda dengan ilmu-ilmu Islam lainnya dalam segi sejarah, proses transmisi, dialektika, dinamika pro-kontra, maupun kerumitan-kerumitan tersendiri yang membuatnya ‘istimewa’. Kenapa ‘istimewa’(?), karena ilmu inihanya ada dalam Islam dan tak dimiliki oleh agama-agama lainnya.

Selanjutnya...>>>

 

Pengantar Turast Hadits

Attention: open in a new window. PDFPrintE-mail

Last Updated on Wednesday, 05 August 2009 15:45 Written by Administrator Tuesday, 07 July 2009 12:46

Hadits merupakan salah satu pilar utama penyangga bangunan Islam setelah al-Quran. Oleh karena itu, hadits menempati posisi yang sangat penting di kalangan umat Islam. Sebagaimana juga hadits merupakan bagian tak terpisahkan dalam khazanah keilmuan Islam. Dari sejak zaman munculnya sampai sekarang, hadits selalu menjadi objek kajian penting di kalangan ulama. Hal yang demikian itu tidaklah mengherankan, jika melihat urgensi hadits dalam konstelasi ajaran Islam itu sendiri. Sejarah mencatat bahwa hadits sampai kepada kita melalui sebuah proses transmisi yang solid dari zaman ke zaman. Dan dari proses transmisi inilah muncul benih-benih yang menjadi titik tolak perkembangan ilmu hadits.

Selanjutnya...>>>